Mencoba Sensasi Jeram yang Memacu Adrenalin, Sungai Terbaik untuk Arung Jeram di Bali

Mencoba Sensasi Jeram yang Memacu Adrenalin, Sungai Terbaik untuk Arung Jeram di Bali

Anda penyuka olahraga ekstrem, terutama water sport? Ingin mencoba sensasi arung jeram yang berbeda? Cobalah 7 sungai terbaik untuk arung jeram yang ada di Bali ini.

Saat berkunjung ke Bali, Anda tidak akan pernah merasa bosan atau kehabisan ide untuk melakukan kegiatan-kegiatan menyenangkan. Selain terkenal dengan wisata alam dan budaya, di Bali Anda juga bisa menikmati beragam olahraga yang menantang adrenalin. Olahraga yang lebih populer dengan nama ekstrem sport ini memang sedang menjadi kegiatan favorit untuk mengisi liburan bagi anak-anak muda. Jenisnya pun beragam, ada yang dilakukan di darat ada pula yang dilakukan di atas air. Salah satu yang digemari misalnya arung jeram. Ada beberapa sungai terbaik untuk arung jeram, terutama di Bali, yang bisa Anda coba.

7 Sungai terbaik untuk Arung Jeram di Bali yang Akan Membuat Anda Ketagihan

Jika biasanya di Bali lebih terkenal dengan water sport yang dilakukan di laut seperti parasailing, banana boat, jet ski dan beberapa jenis permainan lainnya, belakangan olahraga air yang dilakukan di sungai juga mulai digemari. Olahraga seperti arung jeram ini tidak hanya menjadi jenis olahraga biasa namun juga permainan ekstrem yang akan memacu adrenalin pemainnya. Tidak hanya di Bali, arung jeram juga sudah menjadi permainan air yang memacu adrenalin terfavorit dimana saja saat ini. Beruntunglah bagi kita yang tinggal di Indonesia karena Indonesia termasuk memiliki banyak spot sungai terbaik untuk arung jeram.

Beberapa sungai terbaik yang sangat cocok untuk arung jeram itu berada di Bali. Ya, dengan adanya sungai terbaik di Bali untuk arung jeram ini akan menambah destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi saat berada di Bali. Lalu apa sajakah sungai-sungai di Bali yang mendapat reputasi terbaik untuk olahraga arung jeram itu? Berikut beberapa diantaranya.

1. Sungai Ayung Ubud

Bali memiliki salah satu sungai terbaik untuk arung jeram yang ada di Indonesia, yaitu sungai Ayung yang ada di Ubud. Sungai ayung memiliki arus yang sangat deras yang diapit oleh bebatuan sempit di pinggirnya. Ketika melakukan rafting di sungai yang berada di Desa Payangan ini, Anda akan menghabiskan kurang lebih 2 jam dan akan melewati rute sepanjang kurang lebih 13 km. Untuk melakukan rafting di sungai Ayung ini Anda harus didampingi oleh instruktur yang ahli untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan. Daya tarik lain dari sungai ini adalah adanya ukiran di atas batu-batu kali yang sangat cantik untuk dijadikan spot berselfie.

2. Sungai Telaga Waja Karangasem

Selain di Ubud, Karangasem juga memiliki salah satu sungai terbaik untuk arung jeram, yaitu sungai Telaga Waja. Selain aliran airnya yang akan membuat adrenalin Anda semakin memuncak saat rafting, sungai Telaga Waja juga terkenal memiliki air yang sangat jernih. Tak hanya itu saja, saat melintasi aliran sungai ini Anda juga bisa menikmati pemandangan 3 air terjun yang tak kalah cantik. Maka tak heran jika para wisatawan rela datang jauh-jauh ke Karangasem untuk melakukan rafting sepanjang 16 km di atas sungai ini.

3. Sungai Malangit Klungkung

Sungai terbaik untuk arung jeram di Bali selanjutnya berada di Kabupaten Klungkung. Sungai Malangit memang memiliki rute yang tidak sepanjang sungai-sungai sebelumnya. Total hanya sekitar 7,5 km jalur yang bisa dilalui untuk rafting. Namun pemandangan dan sensasi rafting yang akan Anda dapatkan juga tidak akan kalah menantang dibandingkan sungai-sungai lainnya. Apalagi ketika rafting di aliran sungai ini Anda bisa melihat aktivitas penduduk sekitar secara langsung dari atas perahu. Pemandangan yang tidak akan Anda dapatkan di tempat lain.

4. Sungai Penet

Jika ke Bali dan Anda sedang mencari sungai terbaik untuk arung jeram bersama teman-teman, Anda bisa mencoba Sungai Penet. Jeram yang ada di sungai ini memang tidak sederas Sungai Ayung ataupun sungai lainnya. Rute yang ditempuh juga tidak terlalu panjang. Karena itulah sungai ini sangat cocok untuk Anda yang masih pemula dalam olahraga rafting. Untuk bisa mencapai lokasi arung jeram ini Anda bisa memanfaatkan jasa rental mobil BaliĀ https://www.ayumassarirental.com yang banyak terdapat di pusat kota untuk memudahkan perjalanan Anda.

5. Sungai Pakerisan Gianyar

Apabila Anda berkunjung ke daerah Gianyar, destinasi yang biasanya dikunjungi adalah Istana Tampak Siring. Namun bagi Anda yang ingin mencoba hal lain, Anda bisa mencoba melakukan rafting di sungai yang terletak tidak jauh dari Istana Tampak Siring ini. Sungai Pakerisan ini menjadi salah satu sungai terbaik untuk arung jeram yang memiliki panjang rute hanya 4,5 km dengan arus jeram yang tidak begitu deras. Meskipun begitu, sungai ini masih menjadi favorit bagi para wisatawan yang ingin mencoba arung jeram.

6. Sungai Petanu

Selain Sungai Pakerisan, satu lagi sungai di Gianyar yang banyak dikunjungi wisatawan untuk melakukan arung jeram adalah Sungai Petanu. Rute di sungai ini sedikit lebih ekstrem dibandingkan Sungai Pakerisan karena adanya beberapa batu besar di sepanjang aliran sungai serta tebing yang sedikit curam. Namun selain dua hal itu, pemandangan sekitar sungai yang sangat asri dengan air sungai yang jernih dan dingin akan memanjakan Anda selama mengarungi sungai.

7. Sungai Unda

Sungai terakhir yang menjadi sungai tebaik untuk arung jeram adalah Sungai Unda. Lokasinya tidak jauh dari Sungai Telaga Waja, namun memiliki karakter jeram yang berbeda dan cenderung lebih aman untuk pemula. Meskipun terbilang baru, namun sungai ini sudah banyak diburu oleh penyuka olahraga ekstrem untuk menyalurkan kegemarannya.

Itulah tadi 7 sungai di Bali yang masuk dalam kategori sungai terbaik untuk arung jeram di Bali. Dengan adanya sungai-sungai ini Anda kini bisa memiliki destinasi alternatif untuk menyalurkan hobi Anda, terutama untuk Anda yang suka dengan olahraga ekstrem.